Jenis-Jenis Kapal Tempur Berteknologi Hydrofoil

Seperti dijabarkan di bagian depan, tak banyak negara yang mau mengoperasikan hdrofoil tempur. Alasan hampir-hampir serupa kapal model bagini dianggap kelewat rumit, mahal perawatan dan pengoperasian serta kurang bisa diandalkan dari segi kesiapan.

Tapi kenyataannya diatas bukan pertanda spesies kapal-kapal dengan lambung bercanard tak ada sama sekali. Sebagai gambaran AL AS misalnya, pernah menggelar armada Hydrofoil kelas Pegasus dengan kelengkapan rudal anti kapal Harpon sejenis yang beroperasi dari tahun 1977-1982.


Selain AS, masih ada tiga negara lain yang secara konsisten mengoperasikan hydrofoil bersenjata. Negara pertama adalah AL Italia. Negeri ini memiliki setidaknya tujuh unit hydrofoil kelas Sparviero yang kelas digelar di wilayah Mediterania sejak era1980-an. Selanjutnya berada di belakang Italia ada AL Soviet dan Cina. Berikut sejumlah tipe hydrofoil tempur itu .

PEGASUS
Pegasus merupakan gambaran kolaborasi tiga negara untuk membangun hydrofoil tempur. Ketiga negara itu adalah AS, jerman barat, dan Italia. Sesuai rencana awal, soal senjata nantinya setiap negara punya spek sendiri-sendiri. Jerman barat bakal memakai Exocet MM38. Sementara AS dengan harpon dan Italia mengandalkan Otomat. Program ini tak berusia panjang.

Spesifikasi :
Dimensi : Panjang 40m; beam 8,6m;
Drought 1,9,1 m
Bobot tempur : 225 Ton
Kecepatan Maks : 48 Knots
Jumlah awak : 21 orang








SARANCHA
Kehadiran Hydrofoil sarancha mulai di pergoki pada tahun 1977. Punya fungsi sebagai elemen pertahanan pelabuhan strategis, kapal ini di bekali dengan persenjataan berat. Sebut saja mulai dari empat rudal permukaan SS-N-9, kanon getling AK-630 , dan Rudal SAM SN-N-4

Spesifikasi
Dimensi : Panjang 45 m; beam 11 m
Draught 2,8 m
Bobot tempur : 300 ton
Kecepatan : +45 knot











SPARVIERO
Sparviero merupakan jawaban Italia atas kegagalan program Pegasus. Soal sosok jauh lebih pendek. Tapi jangan dianggap enteng. Soal persenjataan hydrofoil ini ditanggung mampu menenggelamkan kepal sekelas destroyer. Pada bagian depan terdapat meriam super cepat OTO melera kaliber 76 mm. Sementara di belakang tertanam pelontar rudal Otomat.

Spesifikasi
Dimensi : Panjang 24,6 m ; Beam 12,1 m
Draught 1,3 -4,4 m
Bobot tempur : 62,5 Ton
Kecepatan maksimal :+50 Knot
Jumlah Awak : 10 orang






HUCHUAN
Beda dengan negara-negara Barat, Cina terolong tak terlalu berhitung untuk urusan membangun armada Hydrofoil tempur. Tercatat negeri ini mengoperasikan sekitar 10 unit kapal cepat bersenjata kelas Huchuan. Selain di pakai sendiri kapal sejenis ini sempat pula dijual ke Albania, Pakistan, Rumania, dan Tanjania. Bergeser ke soal senjata. Seperti mesin-mesin perang buatan negeri tirai bambu pada umumnya, soal senjata memang tak terlalu canggih. Sebagai senjata utama kapal ini mengusung sepasang tabung torpedo kaliber 533 mm plus senjata bantu dua senapan mesin kembar DsHK kaliber 12,7 mm.

Spesifikasi
Dimensi: Panjang 21.8 m; beam 4,9 m;
Draught 0,31-1
Bobot tempur : 39 ton
Kecepatan maksimal : 54 knot
Jumlah awak 15 Orang


0 komentar:

Posting Komentar